Agung Sudaryono

Agung Sudaryono, M.Pd. pria kelahiran Klaten 8 Mei 1975 yang beralamat di Perum Cipta Jati Permai I.18 Rt.22/Rw. 52 Balecatur Gamping Sleman ini m...

Selengkapnya
Recycling

Recycling

Hari ini sekolah kami mengadakan outing class, belajar di luar sekolah dengan tema besarnya adalah literasi. Menjadikan pearta didik memahami dan mengerti apa yang mereka hadapi dan apa yang mereka kerjakan. Salah satu motivasi kami mengajak mereka outing class adalah membelajarkan mereka untuk mencari solusi dan berpikir kritis tinggi atau HOTs yang baru memjadi trending topik dalam dunia pendidikan.

Peserta didik kami minta membawa beberapa barang bekas yang bisa di olah dengan 3R(reduce, reuse,recycling). Banyak yang dengan semangat 45 membuat replika pesawat, yang mereka nilai perlu dibuat replikanya dengan kejadian baru-baru ini. Mereka turut prihatin dan dengan lugunya mereka bisa menunjukkan keunggulan pesawat replika rancangannya. Ada yang membuat replika mobil dan rumah yang menjadikan sebuah harapan dan cita-cita mereka untuk memiliki mobil dan rumah sendiri. Ada juga yang membuat replika robot, dimana mereka berpikir bahwa saat ini manusia akan digantikan oleh mesin ini dalam berbagai pekerjaannya. Ada juga ide orisinil mereka dengan membuat pot mini, berawal dari hanya melihat pot gantung di dinding lokasi outing class kami, masyaallah, kritis dan daya tangkap luar biasa anak millenial ini, kids zaman now.

Diluar pemikiran mereka yang lugu dan penuh harapan ada satu hal yang perlu kita tanamkan pada mereka, bahwa apapun yang mereka lakukan dan mereka perbuat adalah sesuatu yang memiliki resiko, dan mereka tahu itu sehingga dengan kemampuannya yang masih operasional formal mereka membuat argument yang cukup bagus menurut ukuran kami sebagaimana mereka sangat tergantung pada gadget dan media elektronika. Mereka masih bisa berpikir jernih dan membuat sebuah barang tidak berguna menjadi sebuah benda yang memiliki manfaat luar biasa.

Kembali pada tema besar hari ini, literasi menjadikan kami mengerti bahwa bukan hanya masalah baca tulis yang masih menghantui negeri ini, tapi bagaimana mengajarkan pada anak generasi "Z" ini bisa menghadapi kenyataan hidup dan mencari solusi dari masalah yang dia hadapi. Tergantung kita bagaimana membuat kemampuam mereka benar- benar menjadi seorang pemikir bukan seorang yang malas berpikir, menjadikan mereka seorang problem solver bukan seorang troubble maker.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sukses selalu dan barakallah

08 Nov
Balas

Siap Bund..

08 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali