Agung Sudaryono

Seorang pria yang dikenal sebagai "coklat "dulunya..cowok klaten maksudnya, tapi sekarang terdampar di Jogja. Moto hidupnya "khoirukum anfa ahum linnas". Sudah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Qurban Adalah Sebuah Prestasi

Qurban Adalah Sebuah Prestasi

Menyalin dari laman SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, sebagai salah satu bagian kecil warga di sekolah tersebut tentunya menjadi sebuah keharusan bagi saya untuk syiar...bangga dan haru tentunya menjadi warna meski hanya satu pixel dari sekian puluh juta pixel di dalamnya.

Idul Adha atau Eid al Adha karib disebut dengan Idul kurban. Peringatan hari besar Islam Idul Adha bersamaan dengan pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Idul Adha 1441 H merupakan moment yang sangat istimewa bagi SD Muhammadiyah Sapen.

Dikatakan istimewa karena, pertama, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada 1 Agustus bertepatan hari kelahiran SD Muhammadiyah Sapen. Kedua, jumlah hewan yang dikurbankan sama dengan usia milad persyarikatan Muhammadiyah yang ke-111.

Idul Adha 1441 H, SD Muhammadiyah Sapen berhasil menerima, mengelola, dan menyalurkan sejumlah 111 ekor hewan kurban. Hewan-hewan kurban tersebut terdiri dari 11 ekor sapi dan 100 ekor kambing. Keseratus sebelas hewan kurban dibagikan ke berbagai daerah di wilayah DIY dan Jawa Tengah dan masyarakat sekitar sekolah.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban SD Muhammadiyah Sapen dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020. Tanggal 1 Agustus merupakan tanggal bersejarah bagi SD Muhammadiyah Sapen. Tepat 1 Agustus 1967, SD Muhammadiyah Sapen berdiri.

Sekolah yang memiliki tagline The Trully Inspiring Islamic School ini tumbuh dan berkembang dari zero to hero, dari berdinding gedek menjadi berdinding beton dan berlantai empat, dari 8 siswa menjadi 1800 siswa, serta dari tanpa medali menjadi ratusan medali berhasil dihimpun dari lomba tingkat nasional hingga international.

Slowly but surely, SD Muhammadiyah Sapen mewarnai jagad pendidikan nasional. Berbagai predikat juara nasional diraih dari tingkat sekolah, kepala sekolah, guru, dan siswa. Di tingkat sekolah SD Muhammadiyah Sapen meraih juara I lomba pendidikan karakter tingkat SD she-Indonesia tahun 2013 dan menjadi sekolah dasar rujukan nasional tahun 2019 versi Kemdikbud.

Di tingkat kepala sekolah, SD Muhammadiyah Sapen berhasil menjadi juara 1 lomba kepala sekolah berprestasi tingkat nasional tahun 2017 dan 2019 dan juara 2 tahun 2008. Sedangkan di tingkat guru, guru-guru SD Muhammadiyah Sapen berhasil meraih juara 1, 2 dan 3 lomba guru berprestasi tingkat nasional dan inovasi pembelajaran tingkat nasional. Puncaknya pada tahun 2019, SD Muhammadiyah Sapen berhasil mengawinkan medali, juara 1 lomba kepala sekolah dan guru berprestasi jenjang SD tingkat nasional.

Ibarat pepatah ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, air bah prestasi sekolah, kepala sekolah, dan guru mengalir kepada siswa-siswanya. Siswa-siswa SD Muhammadiyah Sapen berhasil meraih prestasi dari jenjang nasional hingga international. Banyaknya prestasi ini memunculkan jargon tradisi prestasi tanpa jeda. Prestasi terakhir muncul di SKH Kedaulatan Rakyat Edisi Sabtu, 1 Agustus 2020, SD Muhammadiyah Sapen berhasil meraih 42 medali dalam even International Math Kanggoro Competition (IKMC) 2020.

Sejalan dengan spirit kurban, milad SD Muhammadiyah Sapen, dan Persyarikatan Muhammadiyah, sesuai tema milad ke-53 "Menginspirasi, Mencerahkan, dan Memajukan Pendidikan Indonesia", Semoga SD Muhammadiyah Sapen tetap istiqamah dalam memberikan pendidikan yang lebih baik bagi calon generasi masa depan bangsa dan komitmen dalam berbagi kesuksesan untuk saling membesarkan sekolah-sekolah lain secara bersama-sama. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Amin, smeoga tetap sitiqomah, buatKeren banget pak, salam sukses dan salam literasi

03 Aug
Balas

Salam literasi Juga Bu..

03 Aug



search

New Post